by

Pengamat: Empat Kandidat Peluang Pimpin Makassar

Pengamat Politik Kebangsaan Arqam Azikin (foto: As)

Dailymakassar.id – Makassar – Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formaksi) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar diskusi publik dengan tema “Pilkada Serentak 2020” di Hotel Gran Asia, Jalan Boulevard, Makassar, pada Rabu (12/2/2020).

Saat dijumpai, pengamat politik kebangsaan, Arqam Azikin yang juga hadir sebagai pemateri, mengatakan jika saat ini, para Bakal Calon (Balon) Kepala Daerah masih sibuk dengan mencari dukungan partai (jalur partai).

“Kan saat ini belum ada yang jelas berpaket, apalagi saat ini para Balon kejar-kejar mencari dukungan partai, dan yang Independen sibuk mencari KTP, sudah ada yang jelas (partainya) tapi belum banyak, tapi semoga perpaketan kandidat bisa cepat,” terang Arqam.

Apalagi Kota Makassar, menurutnya Kota Daeng ini belum ada kejelasan soal dukungan di Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Makassar, ia menilai jika saat ini Balon Wali Kota Makassar, masih saling tarik-tarikan partai.

“Ini yang seru, karena di Makassar ini, para kandidat saling tarik-tarikan partai, dan sampai saat ini, belum ada kandidat yang jelas partainya,” tegas Arqam.

Selain itu, empat figur yang diprediksi Arqam akan bertarung adalah Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto), Syamsu Rizal (Deng Ical), Irman Yasin Limpo (None) dan Munafri Arifuddin (Appi).

Menurut Arqam, keempat figur ini memiliki trend yang sangat signifikan di perhelatan lima tahunan di Kota Makassar.

“Saya tidak berbicara ektabilitas ya, kalau saya lihat, trend keempat kandidat ini, tidak jauh beda, hingga saat ini, trend-nya seperti kemarin, yang pertama Ada Danny Pomanto, kedua, Deng Ical, terus ada None, dan berikutnya Appi, tapi peluangnya sama,” terang Arqam.

“Tapi, kalau mereka sudah dapat pasangan dan partai, mungkin lain lagi cerita, karena pasangan ini yang akan juga menentukan kemenangan di Pilkada di Makassar, karena kalau 02-nya tidak tepat, maka, tanda-tanda kekalahan akan kelihatan,” pungkas Arqam. (As)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment