GP Ansor Sulsel Desak Polisi Tindak Penyebar Hoaks ‘Menag Batalkan Haji’

Dipublikasikan May 8, 2022 11:43 PM oleh Admin

Dailymakassar.id – MAKASSAR. Ketua Pimpinan Wilayah GP Ansor Sul Sel, Rusdi Idrus menegaskan bahwa berita yang beredar di media sosial mengenai pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun 2022 dan dananya akan dipergunakan untuk membangun IKN Nusantara merupakan berita sesat atau hoaks.

Lebih lanjut, Rusdi pun mendesak pihak kepolisian agar segera menindak tegas oknum penyebar berita bohong tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku karena jelas itu fitnah dan menimbulkan kegaduhan ditengah-tengah masyarakat.

BACA JUGA  Assist! Ich bin Matchmaking a Cheapskate

“Sungguh sangat tidak benar berita itu bahwa Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas akan membatalkan pemberangkatan haji 2022 dan dananya akan digunakan untuk membangun IKN Nusantara. Itu berita bohong, sesat atau hoaks,” tegas Rusdi Idrus melalui rilisnya, Minggu (8/5).

Rilis tersebut dikeluarkan oleh PW GP Ansor Sulsel untuk merespon informasi yang beredar dan telah membuat gaduh di masyarakat terkait tangkapan layar sebuah berita online dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut haji tahun 2022 dibatalkan karena dananya akan digunakan terlebih dahulu untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

BACA JUGA  Assist! Ich bin Matchmaking a Cheapskate

Faktanya, judul berita yang beredar tersebut telah diedit. Pada berita yang sebenarnya Menaq Yaqut menegaskan bahwa pemerintah tidak akan menghentikan pemberangkatan jamaah umrah yang telah dibuka sejak 8 Januari 2022.

Menyikapi hal itu, Rusdi Idrus berharap agar masyarakat tidak mudah termakan berita bohong atau hoaks karena itu sengaja dibuat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuat kegaduhan sehingga Polisi juga harus reaktif untuk hal-hal yang seperti ini**(Tbr)

Comment