Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19

Authors

  • Rahmat Riwayat Abadi Universitas Negeri Makassar Author
  • M. Ikhwan Maulana Haeruddin Universitas Negeri Makassar Author
  • Muh. Yushar Mustafa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya Author
  • Muh. Umar Data Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar Bongaya Author
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Andi Djemma Author

Keywords:

personal selling, relationship marketing, pemasaran, manajemen, COVID-19

Abstract

Salah satu strategi pemasaran yang menjadi kunci bagi organisasi, khususnya perusahaan/unit bisnis, yaitu strategi promosi. Dalam melakukan strategi promosi ada beberapa cara dan salah satunya yaitu strategi personal selling melalui relationship marketing. Penelitian ini pun kemudian menemukan masalah yang masih sedikit terjawab di dalam literatur pemasaran yakni kia tapa saja yang sebaiknya dilakukan oleh unit bisnis dalam menentukan strategi pemasarannya, terkhusus personal selling melalui relationship marketing di era pasca pandemi COVID-19. Dengan pendekatan metode analisis literatur, penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa secara umum, strategi personal selling melalui relationship marketing pasca pandemi COVID-19 di antaranya: (1) berkembangnya  koneksi digital; (2) fokus pada kebutuhan pelanggan; (3) menyediakan nilai tambah; (4) membangun kepercayaan; (5) personalisasi komunikasi; dan (6) menjaga hubungan jangka panjang.

Published

2024-02-19

Issue

Section

Articles

How to Cite

1.
Abadi RR, Haeruddin MIM, Mustafa MY, Data MU, Nurjannah N. Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19. JRBME [Internet]. 2024 Feb. 19 [cited 2025 Jan. 23];1(1):1-7. Available from: https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/jrbme/article/view/47