Kajian Literatur: Strategi Personal Selling Melalui Relationship Marketing Pasca Pandemi COVID-19
Keywords:
personal selling, relationship marketing, pemasaran, manajemen, COVID-19Abstract
Salah satu strategi pemasaran yang menjadi kunci bagi organisasi, khususnya perusahaan/unit bisnis, yaitu strategi promosi. Dalam melakukan strategi promosi ada beberapa cara dan salah satunya yaitu strategi personal selling melalui relationship marketing. Penelitian ini pun kemudian menemukan masalah yang masih sedikit terjawab di dalam literatur pemasaran yakni kia tapa saja yang sebaiknya dilakukan oleh unit bisnis dalam menentukan strategi pemasarannya, terkhusus personal selling melalui relationship marketing di era pasca pandemi COVID-19. Dengan pendekatan metode analisis literatur, penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa secara umum, strategi personal selling melalui relationship marketing pasca pandemi COVID-19 di antaranya: (1) berkembangnya koneksi digital; (2) fokus pada kebutuhan pelanggan; (3) menyediakan nilai tambah; (4) membangun kepercayaan; (5) personalisasi komunikasi; dan (6) menjaga hubungan jangka panjang.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Bisnis, Manajemen, dan Ilmu Ekonomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.