Analisis Strategi Penjualan dalam Menghadapi Kondisi Global di PT Unilever Indonesia Tahun 2021-2022

Authors

  • Nurfadillah Nurfadillah Universitas Negeri Makassar Author
  • Rizka Fauzia Universitas Negeri Makassar Author
  • Muhammad Fadel Dinero Universitas Negeri Makassar Author
  • Muh. Yaqhzan Universitas Negeri Makassar Author
  • Asri Ainun Habibi Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

strategi pemasaran, penjualan, PT Unilever Indonesia, SWOT analysis, POAC analysis

Abstract

Tahun 2021-2022 adalah periode penting bagi PT. Unilever Indonesia di tengah terjadinya perubahan signifikan di pasar global. Kondisi ekonomi yang fluktuatif, terjadinya perubahan preferensi konsumen serta gejolak pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan bagi seluruh sektor usaha khususnya pada PT. Unilever Indonesia. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis mendalam terhadap strategi penjualan PT. Unilever Indonesia dalam menghadapi dinamika pasar global di tahun 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang digunakan berasal dari studi kepustaakaan. Analisis yang dilakukan meliputi analisis SWOT dan analaisis POAC pada PT. Unilever Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah Pt. Unilever Indonesia dengan analisis SWOT memiliki kekuatuan potofolio merek global yang kuat, keahlian inovasi, kehadiran globabl di 190 negara dalam kurun waktu 90 tahun, namun dengan kelemahan dimana persaingan perusahaan yang ketat, biaya produksiyang tinggi, serta ketergantungan terhadap pasar berkembang, namun peluang ang dimiliki oleh perusahaan adalah perubahan sikap konsumen yang kebih peduli terhadap alam, pertumbuhan pada pasar makanan dan minuman sehat, serta tingginya pertumbuhan pada pasar e-commerce, akan tetapi ancaman yang dimiliki oleh perusahaan meliputi ketatnya peraturan pemerintah, ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan tren konsumen. Sedangkan pada analisis POAC perusahaan melakukan perencanaan dengan peningkatan perkiraan mellaui pembelajaran mesin, kesiapan manufaktur, serta teknologi terintegrassi, pada pengorganisasian perusahaan melaukan kolaborasi dengan pelanggan, pembelajaran mesin, serta penyederhanaan operasi, pada Actuating perusahaan menerapka pembelajaran mesin dan otomatisasi data, kolaborasi dan menyiappkan kesiapan manufaktur, sedangkan pada proses controlling PT. Unilever Indonesia melakukan pemantauan operasi melalui teknoogi, peningkatan layanan, serta optimaliisasi rantai pasokan. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu PT. Unilever memiliki sebuah strategi yang kuat dalam menghadapi kondisi global di tahun 2021-2022, dengan cara memanfaatkan kekuatan internal perusahaan, memperbaiki kelemahan merek, memanfaatkan segala peluang yang ada serta menghadapi ancamamn dengan strategii mitigasi yang tepat.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Nurfadillah, N., Fauzia, R., Dinero, M. F., Muh. Yaqhzan, & Habibi, A. A. (2023). Analisis Strategi Penjualan dalam Menghadapi Kondisi Global di PT Unilever Indonesia Tahun 2021-2022. Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 1(1), 54-59. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/7