Analisis Kesehatan Perbankan Syariah Menggunakan Metode CAMEL (Studi Kasus Pada Bank Victoria Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah Tahun 2018-2022)

Authors

  • Delsa Eka Putri Universitas Negeri Makassar Author
  • Inun Sari Universitas Negeri Makassar Author
  • Rahmiani Rahmiani Universitas Negeri Makassar Author
  • Renita B. L. Universitas Negeri Makassar Author
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Negeri Makassar Author

Keywords:

CAMEL, Bank Syariah, Kesehatan Bank, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kesehatan PT Bank Victoria Syariah dan PT Bank Panin Dubai Syariah Tbk ditinjau dari permodalan (capital), kualitas aset (asset quality), pengelolaan (management), laba (income) dan likuiditas (liquidity) dengan menggunakan metode CAMEL. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan tujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan suatu fenomena atau keadaan secara detail menggunakan data kuantitatif. Adapun data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi perusahaan maupun dari website resmi PT. Bursa Efek Indonesia. Hasil dari penelitian ini BVIS menunjukkan fluktuasi yang cukup stabil namun pada level yang relatif rendah dalam faktor seperti NPM dan CAR, dengan lonjakan yang drastis terutama pada CAR pada tahun 2022. Sementara itu, PNBS mengalami fluktuasi yang lebih ekstrem, tetapi menunjukkan perbaikan yang signifikan terutama pada faktor BOPO, NPF, dan ROA pada tahun 2022, mengindikasikan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi keuangan dan manajemen. Meskipun kedua bank mengalami fluktuasi, PNBS menunjukkan adaptabilitas yang lebih kuat dan upaya yang terukur dalam memperbaiki faktor CAMEL dibandingkan dengan BVIS yang memerlukan peningkatan stabilitas dan performa finansial. Hal ini menegaskan pentingnya pemantauan yang berkelanjutan terhadap faktor-faktor evaluasi CAMEL guna menjaga kesehatan dan kestabilan bank dalam jangka panjang.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Putri, D. E., Sari, I., Rahmiani, R., L, R. B., & Sukmawati, S. (2023). Analisis Kesehatan Perbankan Syariah Menggunakan Metode CAMEL (Studi Kasus Pada Bank Victoria Syariah dan Bank Panin Dubai Syariah Tahun 2018-2022). Southeast Asia Journal of Business, Accounting, and Entrepreneurship, 1(1), 37-45. https://dailymakassar.id/ejournal/index.php/sains/article/view/9