by

Begini Upaya Ex CEO TarraSmart Majukan ‘Startup’ di Kota Makassar

-Bisnis, Makassar-104 views
Screen Shot 2020-05-23 at 01.28.05
Cristianto Rian Tarra, ex CEO Tarrasmart (foto: Cristianto Rian Tarra)

Dailymakassar.id – Makassar – Bagaimana cara membangun startup, hingga dapat memiliki kantor pusat atau headquarter di Jakarta? Bukan itu saja, juga mampu mengembangkan pasar hingga ke Cina, Jepang, Turki, Jerman, dan Amerika? Dan startup itu dimulai di Kota Makassar?

Pertanyaan-pertanyaan menarik sekaligus krusial inilah yang Cristianto Rian Tarra ingin bagikan kepada rekan-rekannya, para penggiat startup, yang ada di Kota Makassar.


PSBB yang sementara berlangsung di Kota Jakarta, dimana Cris melangsungkan kegiatannya sehari-hari, tidak menjadikan halangan untuk melaksanakan inisiatif Cris; berbagi jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan krusial di atas. Lewat tatap muka interaktif secara daring atau online, via media webinar, upaya Cris bisa terealisasi. Inisiatif ini pun disambut sangat positif di Kota Makassar.

Berangkat dari pengalaman sambutan positif tersebut, Cris kembali berinisiatif membuat konten podcast agar bisa berbagi tentang pengalaman membangun Tarrasmart kepada rekan-rekan startup di Kota Makassar.

Ada pengalaman khusus sehingga berbagi pengalaman lewat konten podcast ada dibenak Cris. Dia ingin berbagi kesalahan-kesalahan yang pernah dialaminya selama membangun startup. Tujuannya, agar rekan-rekan, para penggiat startup, atau pun juga warga yang tertarik dengan startup di Kota Makassar mengetahui masalah yang dihadapi ketika melakukan atau menghadapi kesalahan yang sama.

Saat ini podcast Cris dapat didengarkan melalui akun Spotify-nya dengan mencari kata kunci Cristianto Rian Tarra. Menurut Cris, podcast tersebut sudah didengarkan lebih dari 1000 kali pemutaran hanya dalam beberapa hari setelah diunggah atau upload.

Melihat tingginya minat podcast ini, Cris berupaya untuk selalu mengunggah episode terbaru setiap minggunya, pada hari Kamis. Dengan demikian, dia berharap lewat podcast, Cris bisa membagikan pengetahuan, plus semangat serta motivasi, kepada rekan-rekan di Kota Makassar yang saat ini sedang berjuang membangun startup mereka.

Cris yakin, dengan semangat dan motivasi untuk berupaya belajar dari kesalahan-kesalahan orang lain saat membangun startup, maka semangat ataupun motivasi tersebut akan menjadi modal dan pengetahuan penting. Modal ataupun pengetahuan tersebut dapat membantu mereka menghindari ataupun mengetahui cara menyelesaikan masalah yang terjadi saat rekan-rekan startup melakukan kesalahan. (MT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *