by

Soal Adanya Indikasi Penolakan Vaksin Sinovac, Pengamat: Pemerintah Harus Menjadi Contoh Penggunakan Vaksin Ini

Dr H.Syamsunie Carsel HR M.Pd

Dailymakassar.id – Makassar. Isu mengenai masyarakat menolak vaksin Sinovac membuat pengamat sosial ini angkat bicara.

Dosen Ilmu Sosial dan Metedologi Universitas Megarezki (Unimerz) Kota Makassar, Dr H.Syamsunie Carsel HR M.Pd menegaskan, tidak ada alasan masyarakat untuk menolak vaksin yang bertujuan akan melawan Covid-19.


“Bagi saya, penolakan vaksin ini (Sinovac) ditengah – tengah masyarakat sebenarnya tidak berdasar. Kenapa saya bilang begitu, pertama, WHO sudah mengizinkan vaksin ini. Kedua, MUI yang memiliki kompetensi dalam memberikan keputusan halal atau tidaknya sudah mengeluarkan fatwa jika ini (vaksin Sinovac) adalah halal dan sah”, jelas orang yang kerap disapa Carsel ini, seperti dikutip dari smartcitymakassar.com. Sabtu (9/1/2021).

Maka dari itu, dosen berdarah Jeneponto ini mengatakan bahwa tidak ada lagi alasan masyarakat untuk menolak vaksin Sinovac tersebut.

Kecuali, lanjut Carsel, penolakan tersebut datang dari interes politik atau sejenisnya. Pasalnya, Carsel melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini, apapun yang dilakukan oleh pemerintah, selalu ada beberapa kelompok untuk menolak kebijakan tersebut.

Namun, Carsel mengharapkan, agar pemerintah bisa menjadi contoh dalam menerima vaksin Sinovac ini ditengah – tengah masyarakat.

“Caranya gimana, pemerintah kita harus yang menjadi pertama untuk di vaksin, mulai dari Gubernur, Wali Kota, Anggota Dewan hingga jajarannya, termasuk juga dokter dan tenaga kesehatan kita”, harapnya.(As)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *