by

Farid Wajdi Sebut Angka Partisipasi Pemilih di Makassar Paling Tinggi

Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi (foto: As)

Dailymakassar.id. Makassar. Pasangan Moh. Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) – Fatmawati Rusdi akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar sebagai Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020.

Penetapan tersebut dilakukan di Hotel Claro pada hari Sabtu, 23 Januari 2021, pagi tadi yang disaksikan oleh Forkopimda dan Bawaslu Kota Makassar.


Saat diwawancarai, ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi menyampaikan jika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kali ini di Kota Anging Mamiri merupakan Pilkada yang memiliki angka partisipasi paling tinggi dari yang sebelumnya.

“Kalau kita lihat statistik demokrasi kita, sejak Pilkada terbuka, ini yang dengan partisipasi persentasenya yang paling besar. Karena belum ada sejarah di Makassar partisipasi tembus sampai 60 persen dan jika di kuantitir, ini yang paling tinggi sepanjang Sulawesi,” jelas Farid.

Akan tetapi, dirinya tetap mengakui jika angka 60 persen itu belum sesuai angka yang ditargetkan secara nasional (75,5 %) yang disusun sebelum pandemik Covid-19.

“Sebenarnya proyeksi kita justru anjlok. Tapi setelah kita melakukan Pilkada itu berjalan dengan baik, Prokes ditegakkan oleh teman-teman KPPS dan Alhamdulillah, yang datang ke TPS lebih dari 500 ribu orang,” terang dia.

“Dan untuk tugas selanjutnya, sesuai PKPU penetapan, kita punya waktu 3 hari membuat salinan untuk ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulsel untuk dikukuhkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar terpilih,” tutup Farid. [As]

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *