by

Kapolri: Institusi Polri Tidak Antikritik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (dok. Daily)

Dailymakassar.id – JAKARTA. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberi penekanan bila institusi Polri tidak antikritik. Dia menegaskan, Polri adalah lembaga yang terbuka.

Dengan demikian, dia meminta kepada seluruh jajaran agar lapang dada menerima kritik dari masyarakat.

“Jangan antikritik, apabila ada kritik dari masyarakat lakukan introspeksi untuk menjadi lebih baik,” kata Jenderal Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi Selasa, (19/10).

Sebagaimana diketahui, akhir akhir ini Polri banyak menuai kritik. Warga melampiaskan keluh kesahnya melalui media sosial yang menilain bahwa kinerja polisi kurang profesional.

Misalnya, ketika polisi menghentikan penyelidikan kasus dugaan pemerkosaan anak di bawah umur di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, masyarakat kompak mengunggah tagar #PercumaLaporPolisi. Tagar itu juga memicu sebagian orang bercerita akan tak puasnya pelayanan Polri.

Belum lagi terkait peristiwa anggota polisi melakukukan smackdown kepada mahasiswa di Kabupaten Tangerang dan penetapan tersangka terhadap korban penganiayaan di Medan, maki memicu banyaknya reaksi publik.

BACA JUGA  Soal Penyerangan Sekolah di Makassar, Ini Kata Polisi

Banyak warga menilai kritik mereka itu tak berbalas respons positif. Seseorang bernama Fachrial Kautsar menyampaikan kekecewaannya di media sosial justru menerima banyak ancaman kekerasan hingga upaya peretasan akun.

Fachrial melalui akun Twitternya @fchkautsar, sempat menulis ‘Polisi se-Indonesia bisa diganti satpam BCA aja gak sih’. Ancaman itu datang dari sejumlah akun, dari yang anonim hingga yang memiliki foto profil berseragam polisi.

Kendati demikian, Kapolri menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan masukan dan kritik. Menurutnya, semua aspirasi tersebut akan dijadikan bahan evaluasi demi kebaikan dan kemajuan Polri.

“Ini menjadi bagian dari evaluasi untuk kebaikan Polri ke depan. Karenanya saya mengapresiasi segala bentuk masukan dan kritik dari masyarakat”, pungkasnya. (Ip)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *