by

Viral Video Polisi Periksa Paksa Ponsel Warga, Dua Banit di Jakarta Langsung Dimutasi

Viral Video Polisi Periksa Paksa Ponsel Warga, Dua Banit di Jakarta Langsung Dimutasi

Dailymakassar.id – Jakarta. Polda Metro Jaya resmi memutasi Aipda Monang Parlindungan Ambarita dari jabatannya sebagai Banit 51 Unit Dalmas Satuan Sabhara Polres Metro Jakarta Timur (Jaktim), ke Bintara Bidang Humas Polda Metro Jaya.

Monang dimutasi dari Banit 51 karena viralnya aksi pemeriksaan ponsel warga saat razia.

Mutasi dilakukan berdasarkan Surat Telegram Nomor: ST/458/X/KEP/2021. Surat telegram ditandangani oleh Karo SDM atas nama Kapolda Metro Jaya. Selain itu, di Surat Telegram juga tertera nama Aiptu Jakaria yang menjabat Banit 9 Unit 2 Subdit 4 Ditreskrimum Polda Metro Jaya yang juga dimutasi sebagai Bintara Bidang Humas Polda Metro Jaya.

“Iya benar (dimutasi),” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (19/10/ 2021).

BACA JUGA  Peringatan! Fitur “Add Yours” di Instagram Berpontesi Data Pribadi Anda Dicuri

Diketahui sebelumnya, video Aipda Monang viral di media sosial setelah menggeledah secara paksa ponsel milik warga.

Dalam video saat warga tak setuju ponselnya diperiksa paksa oleh , dikatakan Monang bahwa tugas polisi adalah memeriksa identitas.

“Tahu tidak wewenang polisi apa. Memeriksa identitas tak disebut disitu memeriksa KTP,” kata Ambarawa.

Adapun tindakan tersebut dianggap sebagai pelanggaran. Dalam melakukan penggeledahan yang dilakukan oleh polisi seharusnya berdasarkan surat izin resmi.

Sebagai informasi, Aipda Ambarita merupakan polisi yang cukup dikenal masyarakat. Sosoknya kerap tampil di program acara televisi dengan tema penindakan pelanggaran hukum. (Ip)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *