BPS: Luwu Utara Masuk Kategori Daerah dengan Kemajuan IPM Paling Cepat

Indek Pembangunan Manusia (ilustrasi)

LUTRA – Dailymakassar.id – Berdasarkan rilis terbaru BPS, (1/8/2022), pada periode 2020-2021, ada 5 Kabupaten/kota dengan kemajuan pembangunan manusia paling cepat, yaitu:

1. Tana Toraja (1,08 %)

2. Bulukumba (0,91 %)

3. Maros (0,79 %).

4. Pangkep (0,71 %)

5. Luwu Utara (0,65 %)

Sebaliknya, pada periode yang

sama, tercatat tiga kabupaten/kota dengan kemajuan pembangunan manusia paling lambat yaitu:

1. Luwu Timur (0,16 %) 2.Barru (0,18 %)

3. Enrekang dan Gowa (0,21%)

4. Sinjai (0,22 %).

5. Pinrang (0,27 %).

Selanjutnya, berdasarkan status pencapaian tahun 2021, hanya Kota Makassar menjadi satu-satunya kabupaten/kota yang berstatus sangat tinggi, 11 Kabupaten/kota telah berstatus pembangunan manusia tinggi, yaitu Kota Palopo, Kota Parepare, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Sidenreng Rappang, Kabupaten Pinrang, Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu, Kabupaten Maros, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Luwu Utara.

BACA JUGA  Pangdam Hasanuddin Resmi Tutup Pertandingan Sepak Bola Liga Santri Piala Kasad Tahun 2022 di Wilayah Sulsel

Sementara 12 Kabupaten/kota lainnya masih berstatus sedang.

Lebih lanjut, pada tahun 2021, terdapat 2 Kabupaten yang mengalami perubahan status dari sedang menjadi tinggi yaitu Kabupaten Maros dan Kabupaten Luwu Utara.

Menurut catatan BPS, level pembangunan manusia yang relatif merata ini mengindikasikan bahwa disparitas pembangunan manusia antar kabupaten/kota di Sulawesi Selatan relatif rendah.

Sebagai informasi, IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (penduduk). IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan melalui perolehan pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan hasil pembangunan lainnya. (*/ip)

Comment