Di Kelurahan Bakung, Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM Gelar Pengabdian Masyarakat

Dipublikasikan October 4, 2022 5:30 PM oleh Admin

Para dosen dan panitia pelaksana kegiatan PKM FEB UNM di Bakung, Makassar (SRI/IST)

Dailymakassar.id – Bertempat di Kelurahan Bakung, Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (1/10/2022), Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Negeri Makassar (FEB UNM) melakukan kegiatan pengabdian, yaitu Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema “Pemberdayaan Ibu-ibu Rumah Tangga melalui Pembuatan Pola Dasar Busana Praktis dan Kewirausahaan Pemberdayaaan Ibu Rumah Tangga Wilayah Pesisir”.

Seperti dilansir oleh awak media Dailymakassar, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UNM. Sejumlah dosen dari prodi terkait turut hadir pada kegiatan ini, antara lain: Dr. Basri Bado, S.Pd., M.Si, Dr. Abd. Rahim, S.P., M.Si., Dr. Ir. Hj. Marhawati, M.Si., Dr. Sri Astuty, S.E., M.Si., Dr. Citra Anyi Kamaruddin, S.P. M.Si., dan Dr. Diah Retno Dwi Hastuti, S.P., M.Si.

Menurut Dr. Sri Astuty, S.E., M.Si., akrab disapa Sri, mengatakan bahwa pelatihan ini dalam rangka mengatasi beberapa masalah salah satunya keterbatasan keterampilan pembuatan pola dasar busana.

Beberapa peserta sempat berpose di tengah kegiatan PKM Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM (SRI/IST)

“Kami di sini mengabdi dalam rangka mengatasi permasalahan ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Bakung utamanya keterbatasan dalam membuat pola dasar busana. Selain itu melalui kegiatan ini, kami harap mampu menumbuhkan jiwa wirahusaha bagi ibu-ibu rumah tangga sehingga mampu memberikan penghasilan tambahan”, terang Sri.

Sementara, perwakilan peserta pelatihan, Ketua Majelis Taklim Nur Rahmat, Widhasari juga mengatakan bahwa Majelis Taklim sangat merespon positif kegiatan ini. Wirdhasari menambahkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Bakung karena mereka akan dibekali keterampilan dalam pembuatan pola dasar busana. Selain itu, ini bakal membantu ekonomi rumah tangga ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini dengan membuka kesempatan menjual produk yang mereka buat.

Wirdha pun berharap kepada Sri dan para dosen lingkup UNM serta panitia pelaksana kegiatan untuk tetap mengusahakan kegiatan semacam dapat menjadi rutinitas tiap tahunnya, utamanya bagi Majelis Taklim yang dia pimpin.

PKM Prodi Ekonomi Pembangunan FEB UNM 2022

“Kami sangat berharap, ke depannya akan selalu ada kerja sama dengan Universitas Negeri Makassar khususnya pelatihan dan pengembangan keterampilan bagi ibu-ibu rumah tangga di Kelurahan Bakung, baik yang aktif di Majelis Taklim maupun yang lainnya,” tutup Wirdhasari. (**)

Comment