by

Layanan Facebook Inc Alami Gangguan, Mark Zuckenberg Langsung Minta Maaf

CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg (int)

Dailymakassar. Internasional. Layanan media sosial Facebook, Instagram, dan WhatsApp yang tergabung dalam Facebook Inc di sejumlah negara mengalami ganguan, termasuk Indonesia. Gangguan dilaporkan terjadi sejak Senin (4/10/2021) malam hingga Selasa (5/10/2021) pagi.

Akibat gangguan ini, CEO Facebook Inc, Mark Zuckerberg meminta maaf. Ia juga mengatakan bahwa layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp kembali pulih.

“Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kembali online saat ini. Mohon maaf atas gangguan hari ini. Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda pedulikan,” tulis Zuckerberg di status Facebook-nya.

Ini bukan kali pertama layanan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger down bersamaan.

Pada 2019, media-media sosial itu sering dilaporan error serentak. Gangguan itu muncul di tengah rencana Facebook yang akan mengintegrasikan seluruh layanannya. Meskipun beberapa kali tumbang, baru kali ini Zuckerberg yang merupakan bos besar Facebook Inc, menyampaikan permohonan maaf secara pribadi dan terbuka.

Seringnya, permintaan maaf ini diwakilkan lewat CEO masing-masing platform atau akun resmi masing-masing media sosial. Berdasarkan pantauan di situs Downdetector, layanan Facebook dkk dilaporkan error sejak Senin pukul 22.00 WIB.

Tidak hanya di Indonesia, gangguan ini terjadi secara global dan dirasakan negara lain, termasuk Amerika Serikat dan Eropa. Pada Selasa pagi sekitar pukul 06.00 WIB, laporan Facebook, Instagram, dan WhatsApp down mulai berkurang. Jika diakumulasi, gangguan ini terjadi sekitar 8 jam.

BACA JUGA  Usai Ikuti Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2021, Ini Target Duta Wisata Lutra 2021

Atas gangguan ini, akun resmi Facebook, Instagram dan WhatsApp juga menyampaikan permintaan maaf di Twitter. “Kami menyadari beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook.

WhatsApp juga memberikan penjelasan serupa, “Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” tulis WhatsApp.

Saat ini, layanan Facebook berangsung-angsur pulih. Namun, menurut CTO Facebook, Mike Schroepfer pemulihan kemungkinan akan berlangsung secara bertahap.

“Layanan Facebook kembali online saat ini, mungkin akan membutuhkan beberapa saat untuk kembali 100 persen. Teruntuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya meminta maaf,” tulisnya dalam akun Twitter dengan handle @schrep. (Ar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *