by

Personil Satgas TMMD ke 112 Bantu Warga Kampung Okor Memangkur Sagu

Personil Satgas TMMD ke 112 Bantu Warga Kampung Okor Memangkur Sagu

Dailymakassar.id – Merauke. Personel Satgas TMMD ke-112 Kodim 1707/Merauke yang dipimpin oleh Serda Muhamad Ikbal Jaelani membantu Keluarga Mama Koleta (48) salah satu masyarakat Kampung Okor, Distrik Haju, Kabupaten Mappi dalam memangkur sagu dipekarangan belakang rumah miliknya. Jum’at (8/10/2021).

Dikesempatan tersebut Serda Muhamad Ikbal Jaelani mengungkapkan bahwa sagu merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Kampung Okor selain ubi-ubinan dan juga beras, jadi sampai dengan saat ini mereka masih menkonsumsi makanan sagu.

“Untuk mendapatkan sari pati sagu mereka satu keluarga harus menebang pohon sagu dan kemudian batang pohonnya dipangkur hingga menjadi serpihan lembut kemudian dicuci ataupun dibersihkan dengan air sambil disaring untuk mendapatkan sari pati sagu”. ucap Serda Ikbal.

Sedangkan dalam proses memangkur dilakukan secara bersama-sama satu keluarga agar pekerjaan mendapatkan sari pati sagu lebih cepat dan dalam satu pohon biasanya bisa dikonsumsi satu sampai dua minggu tergantung jenis makanan yang dikonsumsi setiap harinya”. jelasnya.

BACA JUGA  Kapolri: Institusi Polri Tidak Antikritik

Serda Muhamad Ikbal Jaelani menambahkan, pendampingan personel Satgas TMMD dan ikut membantu memangkur sagu tersebut diharapkan dapat meringankan beban keluarga mama Koleta dalam mendapatkan sari pati sagu yang mana keberadaan personel Satgas TMMD di Kampung Okor membangun 20 unit rumah masyarakat melalui Program TMMD Ke-112.

Pada kesempatan tersebut Mama Koleta mengucapkan terimakasih banyak kepada Bapak TNI yang turut membantu keluarganya dalam memangkur sagu. “Dengan adanya pendampingan dan ikut membantu pekerjaan memangkur sagu menjadi lebih cepat, jadi terimakasih banyak kepada Bapak TNI”. ucap Mama Koleta dengan wajah penuh gembira. (Hd)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *