Dosen UNM Gelar Latihan untuk Guru-guru Menulis Artikel di Bone

Dipublikasikan October 5, 2022 2:32 PM oleh Admin

Dosen UNM Gelar Latihan untuk Guru-guru Menulis Artikel di Bone

BONE – Tim pengabdian masyarakat (PkM) Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar gelar pelatihan penulisan artikel bagi guru di kabupaten Bone. Pelatihan ini diinisiasi oleh tim PkM yang terdiri dari Asmunandar, S.S., MA. Sebagai ketua dan Dr. Andika Wahyudi Gani, Amd., SH. LL.M serta Dian Paramitha Damayanti, S. Pd. M. Pd. sebagai anggota.

Asmunandar sebagai ketua tim sekaligus bertindak sebagai narasumber pertama menyampaikan materi tentang cara memilih topik dan menyusun latar belakang masalah.

BACA JUGA  Dukung Pemerintah Majukan Pendidikan di Daerah Terpencil, XL Axiata Bangun Madrasah di Pelosok Buton Sultra

“Penentuan topik dan penyusunan latar belakang adalah bagian pertama dan utama dalam artikel. Biasa kalau topik menarik dan latar belakang bagus maka bagian selanjutnya menyesuaikan” Ungkap Nandar, Sapaan Akrab Ketua tim.

Selain itu dosen sejarah UNM ini juga menjelaskan bagaimana menyusun kajian Pustaka dengan baik. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Andika tentang metodologi penelitian. Pada kesempatan materinya beliau menjelaskan jenis-jenis penilitian dan bagaimana analisis data.

Materi terkahir disampaikan oleh Dian Paramitha terkait cara menyusun daftar Pustaka dengan sistem aplikasi mendeley. Dalam kesempatan tersebut Dia menyampaikan begitu pentingnya menggunakan aplikasi referensi manager karena akan mengintegrasikan kutipan dengan referensi di daftar Pustaka secara digital.

BACA JUGA  SD Islam Athirah 2 Gelar Panen Karya, Begini Keseruannya

Selain itu dalam kegiatan ini juga disampaikan bagaimana cara men submit artikel pada jurnal nasional maupun internasional.

Seperti yang kita ketahui bahwa guru sangat memerlukan artikel sebagai prasyarat kualifikasi guru profesional dan kebutuhan karir lainnya seperti kenaikan pangkat. Tutup Asmunandar.

Kegiatan ini berlangsung di aula SMAN 15 Bone pada hari sabtu-minggu, 24 – 25 September 2022 lalu. [ib]

Comment