Bung Hatta: Koperasi Merupakan Jalan untuk Melepaskan Diri dari Kemiskinan

Dipublikasikan February 9, 2023 8:03 PM oleh Admin

Moh. Hatta

DAILYMAKASSAR – Koperasi di Indonesia tidak lepas dari perjuangan bangsa Indonesia dari jeratan kemiskinan pasca penjajahan. Koperasi adalah alat perjuangan bangsa Indonesia.

Bapak Koperasi Indonesia adalah Mohammad Hatta atau lebih populer dengan nama Bung Hatta. Dia juga merupakan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia.

Ada sejarah panjang pemberian gelar Bapak Koperasi Indonesia. Bung Hatta sendiri mendapatkan gelar Bapak Koperasi Indonesia adalah saat Kongres Koperasi Indonesia yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, pada 17 Juli 1953.

BACA JUGA  Menko Luhut Luruskan Wacana Soal 200 Persen Bea Masuk Barang Asal China

Saat itu, Bung Hatta menyebutkan, koperasi di segala bidang adalah salah satu jalan untuk melepaskan diri dari kemiskinan pasca lepas dari penjajahan Belanda.

Dikutip dari Kompaspedia yang diterbitkan Harian Kompas, koperasi telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia sejak masa kolonial Hindia Belanda.

Dari awal perkembangannya tujuan koperasi tidak berubah, yakni memberikan kesejahteraan terutama rakyat dari golongan ekonomi kecil. Koperasi di Indonesia sudah dikenal sejak akhir abad XIX dan berkembang di awal abad XX.

BACA JUGA  Menko Luhut Luruskan Wacana Soal 200 Persen Bea Masuk Barang Asal China

Pemerintah Hindia Belanda menaruh perhatian cukup besar pada perkoperasian, mengingat usaha tersebut diminati oleh kalangan penduduk bumiputra.

Pada masa kolonial Hindia Belanda usaha merintis koperasi dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari swadaya masyarakat, organisasi politik, partai politik, hingga pemerintah.

Cikal bakal koperasi juga sudah ada sejak tahun 1896. Patih Aria Wiriaatmadja di Purwokerto memulai suatu usaha yang disebut Hulp en Spaarbank (Bank Pertolongan dan Simpan) yang cara kerjanya mirip dengan koperasi dan mulai memberikan pinjaman kepada pegawai negeri. [*]

Comment