Demokrat Merapat ke Prabowo? Ini Respon Ganjar

Dipublikasikan September 18, 2023 2:47 PM oleh Admin

Ganjar Pranowo

JAKARTA, dailymakassar.id – Bakal calon presiden (bacalres) dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo memberi respon soal sinyal bergabungnya Partai Demokrat mendukung pencapresan Prabowo Subianto.

Ganjar mengatakan dirinya tidak khawatir soal kabar menguatnya sinyal Partai Demokrat yang akan mendukung Prabowo. Ia juga menyebut hal tersebut biasa saja.

“Enggak (khawatir), biasa aja,” ucap Ganjar singkat di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023). Ganjar menjawab pertanyaan apakah khawatir dengan kabar partai Demokrat yang akan mendukung Prabowo.

Adapun sinyal bergabungnya Demokrat ini telah diperkuat oleh Waketum PAN Viva Yoga Mauladi yang sebelumnya mengungkap jika Partai Demokrat telah bersedia bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). PAN menyambut bergabungnya Demokrat.

BACA JUGA  Andi Januar Jaury Menyebut Isu Kolom Kosong Bakal Sulit Terwujud

“Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM),” kata Viva kepada wartawan, Sabtu (16/9).

Viva mengaku gembira dengan keputusan Partai Demokrat. Dia menyebut partai di Koalisi Indonesia Maju juga menyambut Partai Demokrat dengan suka cita.

“Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PBB, dan Gelora menyambut PD dengan suka cita,” ungkapnya

Viva menuturkan masuknya Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju akan membuat koalisi semakin besar. Dia menyebut dengan begitu akan menambah perolehan suara untuk Prabowo.

BACA JUGA  Demokrat Resmi Dukung Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi di Pilgub Sulsel

Manfaat elektoral yang diperoleh adalah, pertama, akan menambah basis konstituen koalisi. Setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar,” paparnya.

“Kedua, kerjasama antara PAN, PD, Gerindra, Golkar, dan lainnya secara empiris pernah terukir di pilpres sebelumnya sehingga tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi,” tambah dia.

Lebih lanjut, bergabungnya Partai Demokrat, kata Viva, membuat Koalisi Indonesia Maju semakin optimis meraih kemenangan di Pilpres 2024. Viva mengatakan kehadiran Demokrat menambah kekuatan yang telah ada. (ip)

Comment