NSA Sarankan Pengguna Android dan iPhone Rutin Me-Restart Perangkatnya, Ini Alasannya

Dipublikasikan June 12, 2024 6:56 PM oleh Admin

HP Android dan iPhone

DAILYMAKASSAR.id, JAKARTA – Pengguna Android dan iPhone harus sering me-restart perangkatnya. Hal ini disarankan oleh National Security Agency (NSA). Menurut NSA cara sederhana ini ternyata bisa meningkatkan keamanan ponsel pengguna.

BACA JUGA  Kiat Berlindung dari Serangan Ransomware

Dalam dokumen tentang praktek penggunaan ponsel yang baik, NSA menyarankan pengguna untuk mematikan dan menghidupkan kembali ponsel Android dan iPhone setidaknya seminggu sekali.

NSA mengatakan cara ini bisa melindungi perangkat Android dan iPhone dari eksploitasi zero-click yang sering digunakan penjahat siber untuk menguping dan mengumpulkan data dari ponsel.

BACA JUGA  Kiat Berlindung dari Serangan Ransomware

Pengguna juga bisa mencegah ancaman serangan spear-phishing yang bisa menginstal lebih banyak malware dan spyware di perangkat. Namun dokumen NSA memperingatkan restart perangkat hanya akan mencegah agar serangan ini tidak berhasil.

“Ancaman terhadap perangkat seluler semakin umum serta semakin meningkat cakupan dan kompleksitasnya,” kata NSA dalam dokumennya, seperti dikutip dari Forbes, Senin (3/6/2024). (*)