Beredar Kabar Harun Masiku Jadi Marbot Masjid di Malaysia, KPK: Kami Terus Memburunya

Dipublikasikan June 16, 2024 9:31 AM oleh Admin

Harun Masiku

DAILYMAKASSAR.id, JAKARTA — Mantan caleg PDIP, Harun Masiku masih terus menjadi fokus pemburuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini diungkap Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata

Diketahui, Harun Masiku sudah berstatus sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Januari 2020 dalam kasus dugaan suap penetapan anggota DPR RI periode 2019–2024.

“Yang jelas, penyidik berusaha untuk mencari yang bersangkutan. Kan sudah empat tahun, empat tahun itu bukan berarti tidak kita cari,” kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Selasa (12/6/2024).

BACA JUGA  Pencopotan Abdul Hayat Oleh Keputusan Presiden Sudah Sesuai Prosedur

Alex mengatakan, pihaknya mengirim tim penyidik ke dua negara di Asia Tenggara untuk mencari Harun Masiku. Dua negara dimaksud yaitu Malaysia dan Filipina.

“Waktu itu di Filipina, kita kirim tim ke Filipina. Ada informasi katanya yang bersangkutan jadi marbot masjid di Malaysia. Kita kirim tim ke sana. Artinya apa? Selama empat tahun ini sebetulnya kita tetap mencari. Ya berdasarkan informasi-informasi yang diterima,” katanya.

Alex turut meluruskan pernyataannya terkait janji menangkap Harun Masiku dalam waktu seminggu ke depan. 

BACA JUGA  Jelang Hari Bhayangkara ke - 78, Kapolres Pelabuhan Makassar Resmikan 5 Bedah Rumah

Pernyataan itu dilontarkan Alex seusai menggelar rapat dengan Komisi III di DPR pada Selasa, (11/6/2024).

Dia mengatakan pernyataannya itu bukan sekadar sesumbar. 

Alex menjelaskan hal itu merupakan harapan pimpinan KPK agar Harun Masiku bisa segera ditangkap.

“Biar itu menjadi tugas penyidik untuk mencari. Kalau sebagai pimpinan semoga dalam satu minggu atau secepatnya itu bisa ditangkap. Kan begitu. Kalau saya sekarang bilang semoga besok tertangkap, sama saja kan. Kan itu harapan kita semuanya,” katanya. (*)