Cerita Asistant Sales Manager Trans Snow World Makassar Tentang Dunia Kerjanya yang Baru

Dipublikasikan June 29, 2024 9:28 PM oleh Admin

Theresia Febrianti Horax

MAKASSAR — Bekerja selama 13 tahun di beberapa hotel besar di Makassar, membuat Theresia Febrianti Horax mencoba mencari tantangan baru. Kali ini dia menjabat sebagai Asistant Sales Manager Trans Snow World Makassar.

Tak ada yang berbeda dari karakternya saat masih bekerja di dunia perhotelan. Tere sapaan akrabnya berkesempatan berbagi cerita bersama Dailymakassar.id tentang kesehariannnya di tempat kerjanya dan perbedaan serta tantangan yang Ia rasakan sekarang melalui WhatsApp Senin (24/6).

DailyMakassar: Bisa ceritakan tentang tempat kerja dan peran nya sebagai apa sekarang?

Tere: Sekarang saya berkerja disalah satu unit dari Trans Entertaiment, yaitu Trans Snow World Makassar, dan saya bekerja sebagai Assistant Sales Manager membawahi divisi Sales Department.

DailyMakassar: Apa tugas utama di tempat kerja yang sekarang?

Tere: Sebagai Assistant Sales Manager, tugas utama saya adalah menyusun strategi agar tim sales dapat bekerja mengejar target dan jumlah group yang sebanyak-banyaknya, kemudian memastikan bahwa semua event dan group inquiry yang masuk di Trans Snow World Makassar dilayani, berjalan dengan baik, sehingga para klien merasa puas dan mendapatkan pengalaman yang mengesankan.

DailyMakassar: Apa perbedaan di tempat kerja sebelumnya ?

Tere: Sangat berbeda dengan basic saya 13 tahun pelayanan Akomodasi Perhotelan, khususnya bidang saya adalah Front Office. Dimana Hotel adalah suatu kebutuhan yang menyajikan Bed, Breakfast dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition).

BACA JUGA  Keuangan PT Pertamina Kunjungi Unit Operasi di Wilayah Sulawesi

Peran saya saat itu sebagai seorang Front Office Manager (FOM) yang memastikan kesempurnaan angka okupansi dan menjaga stabilitas ARR (Average Room Rate) serta ranking dan kepuasan tamu atau Guest Satisfaction.

Sedangkan Wahana adalah suatu tempat hiburan yang bukan kebutuhan rutin. Bagaimana caranya agar client dapat repeat order kembali, dan banyak lagi. Jadi sudah pasti sebagai Sales Manager, ini adalah suatu tantangan baru yang tidak mudah.

DailyMakassar: Apa ada kesamaan dari tempat kerja sebelumnya ?

Tere: Kesamaannya adalah sama-sama membangun hubungan yang baik dengan banyak orang, eksternal dan internal. Dari segi strategi juga kurang lebih serupa dengan Hotel, karena kita menentukan harga berdasarkan dengan target pasar dan seasonal.

DailyMakasar: Ada kesulitan? Bagaimana trik mengatasinya ?

Tere: Awalnya pasti agak down dan merasa mungkin tidak mampu, apalagi benar-benar banting stir dari Basic saya. Namun berkat adanya dukungan dari Ibu Kartika selaku Branch Manager, tim divisi Sales dan tim operasional Trans Snow World Makassar yang sangat solid, Puji Tuhan saya bisa menghadapi segala tantangan dan kesulitan yang ada.

Triknya adalah selalu menjaga Komunikasi yang baik dengan siapapun dan dimana pun kita berada. Dan saya bersyukur bisa merubah kesulitan itu menjadi hal baru yang saya bisa lakukan dan kembangkan. Saya selalu merasa memiliki passion lain diluar dari Basic skill saya di Front Office. Sebagai Sales, tugas utama kita bukan hanya menjual. Namun bagaimana kita bisa membuat hal yang menarik, bukan hanya sekedar menawarkan bermain wahana salju, tetapi kita bisa berikan rangkaian kegiatan yang menarik seperti EO, bahkan menyelenggarakan berbagai macam acara dari Trans Snow World Makassar sendiri yang sering bekerja sama dengan banyak brand ternama dari berbagai bidang.

BACA JUGA  Jalin Sinergitas, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Bersama Polda Sulsel Selesaikan Pembaharuan SPBP

Dari yang awalnya saya penuh dengan keragu-raguan, sekarang saya merasa cukup berhasil dan senang. Trans Snow World Makassar memberikan ruang yang luas untuk saya dapat menuangkan ide tersebut dan mengembangkan passion saya.

DailyMakassar: Seperti nya anda memang tertarik di dunia pariwisata dengan membuat akun yang khusus mempromosikan perkembangan dunia bisnis dan pariwisata,bmn kabar akunnya sekarang?

Tere: Ya benar, Celebescape. Saya tidak sadar sudah cukup lama sejak akun tersebut rilis, sudah berapa tahun. Sayangnya dengan kesibukan saya akhir-akhir ini, akun tersebut jarang update lagi kontennya. Tapi saya berencana akan melanjutkan dan mengembangkan lagi, karena cinta saya akan dunia Pariwisata yang besar dan tujuannya adalah menyebarkan informasi lebih luas tentang Pariwisata khususnya Kota Makassar. (Jendra)