by

Pengguna ATM Lama akan Diblokir, Nasabah Bank Diminta Secepatnya Mengganti

Seorang pengguna ATM (dok daily)

Bagi nasabah bank yang menjadi pemilik dan pengguna kartu anjungan tunai mandiri (ATM) lama diharapkan segera menggati kartu ATM. Hal ini karena dalam waktu dekat kartu ATM lama akan diblokir

Dailymakassar.id – JAKARTA. Perbankan di Indonesia akan melakukan pemblokiran kartu ATM nasabah yang lama. Hal tersebut dikarenakan pergantian dari kartu ATM magnetic stripe ke kartu ATM chip. Berikut fakta mengenai bank di Indonesia mulai blokir kartu ATM lama dan diganti dengan kartu ATM berbasis chip.

Pergantian kartu ATM dari magnetic stripe ke chip sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bank Indonesia (BI) Nomor 17/52/DKSP tentang Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Indentification Number Online 6 Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang diterbitkan di Indonesia. Dan disebutkan juga batas penggunaan kartu ATM magnetic stripe paling lambat 31 Desember 2021.

Adapun alasan harus mengganti kartu ATM menjadi berbasis chip selain instruksi dari BI, juga memberikan beberapa manfaat bagi nasabah, seperti kemudahan melakukan transaksi debit online.

Terpenting, kartu chip bisa meminimalisir kejahatan kartu dengan modus pencurian data lewat magnetic stripe pada kartu atau skimming. Secara teknologi, magnetic stripe lebih mudah di-copy datanya dibanding kartu chip.

Hingga kini, ada 4 bank di Indonesia yang mulai melakukan pemblokiran kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe. Antara lain, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Central Asia (BCA), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

BACA JUGA  HUT ke-71 Korpolairud, Kapolri: Wujudkan Representasi Negara Hadir di Setiap Wilayah

Dan berikut jadwal pemblokiran kartu ATM magnetic stripe di masing-masing bank.

– Bank Mandiri memblokir kartu ATM magnetic stripe sesuai dengan masa aktif. Tahap I, Bank Mandiri sudah memblokir kartu ATM dengan expiry date 2021-2022 pada 1 April 2021 lalu. Sementara kartu ATM dengan expiry date 2023-2025 akan diblokir pada 1 Juni 2021. Sedangkan kartu dengan expiry date 2026-2030 diblokir pada 1 Juli 2021. Bank Mandiri mengcualikan kartu ATM bansos dan tani untuk tidak diblokir.

-BNI memberikan kesempatan kepada nasabahnya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip hingga 30 November 2021. Setelah tanggal itu, BNI akan melakukan penonaktifan kartu ATM berbasis magnetic strip. Penggantian kartu ATM di kantor cabang BNI maupun mesin BNI Sonic terdekat dan pergantian tidak dikenakan biaya.

– BCA memberikan waktu kepada nasabahanya untuk mengganti kartu ATM magnetic stripe menjadi chip hingga akhir 2021. Itu karena efektif 1 Januari 2022, kartu ATM BCA lama berbasis magnetic stripe sudah tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

– BRI memberikan waktu penukaran kartu magnetic stripe hingga akhir tahun 2021. BRI menyebutkan penggantian bisa dilakukan secara gratis pada 9000 unit kerja seluruh Indonesia. (*/Dm)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *