Waspada! Ini Wilayah yang Berpotensi Tsunami 34 Meter di Indonesia dan Saran Pakar

Dipublikasikan November 26, 2022 12:19 AM oleh Admin

Ilustrasi Tsunami

JAKARTA – Hasil penelitian yang terbit pada Oktober 2022, menyebutkan, gempa bumi  megathrust  dengan magnitudo 8,9 berpotensi menimbulkan tsunami setinggi 34 meter. Menurut EOS Science News By American Geophysical Union, gempa megathrust terjadi akibat pecahnya batas lempeng di bidang kontak dua lempeng tektonik yang bertemu di zona subduksi. Kondisi tersebut mengakibatkan gerakan relatif antar lempeng tidak terbendung dan tekanan terkumpul di area dua lempeng, yang akan dilepaskan  melalui gempa dahsyat yang disebut  megathrust.

Pakar tsunami dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Widjo Kongko mengatakan bahwa potensi tsunami akibat gempa bumi megathrust perlu diwaspadai dengan meningkatkan mitigasi segera.

“Perlu adanya upaya mitigasi dan peningkatan kewaspadaan, dan khususnya sistem peringatan dini dan jalur serta tempat evakuasinya,” kata Widjo dikutip dari keterangan tertulis Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, Gempa bumi megathrust berpotensi menimbulkan tsunami di bagian selatan Jawa dan barat daya Sumatera, dan bisa menjalar melalui Selat Sunda, memasuki Pantai Utara Jawa dan tenggara-timur Sumatera.

Olehnya kata Widjo daerah-daerah tepi pantai di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera serta negara-negara di sekitar Samudra Hindia perlu meningkatkan upaya mitigasi.

Lanjut Widjo menekankan strategi mitigasi bencana yang sudah ada perlu ditinjau kembali, dievaluasi, dan diperbaiki guna mengantisipasi kemungkinan terjadi tsunami akibat gempa bumi megathrust.

“Review (tinjau) kembali dokumen rencana kontingensi dan rencana operasi, peta-peta jalur evakuasi, sistem peringatan dini untuk mitigasi tsunami, terutama di wilayah pesisir Jawa-Sumatera. Serius dan segera,” pungkasnya. [ip]

Comment