Ini Penyebab Krisis Air Bersih di Makassar Menurut Danny

Dipublikasikan August 31, 2023 7:56 PM oleh Admin

Danny Pomanto

MAKASSAR, dailymakassar.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengungkap sumber air baku di Bendungan Leko Pancing kini menyusut 50 persen sehingga membuat PDAM mengalami krisis air bersih. Danny pun berharap warga untuk hemat dalam menggunakan air.

“Jadi kalau kita lihat pertama soal sumber air. Sumber air kita di Leko Pancing dan Sungai Jeneberang. Itu dua sumber air kita dengan sumber air yang di tengah kota. Nah persoalan sumber air sekarang, khusus Leko Pancing itu sudah menyusut 50 persen,” kata Danny, Kamis (31/8/2023).

Danny mengatakan kondisi ini terjadi karena musim kemarau panjang yang melanda wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Bahkan, kata dia, kondisi ini diprediksi terjadi hingga akhir Desember nanti.

BACA JUGA  Puluhan Ribu Warga Hadiri Jalan Sehat Bersama Andi Seto di Anjungan Pantai Losari Makassar

Persoalan sumber air, ini kan kalau kita mau buat hujan buatan tidak mungkin karena awan tidak ada. Tadi pidato Presiden dalam Zoom menyatakan bahwa kemungkinan (kemarau) sampai akhir Desember,” tuturnya.

Dengan kondisi ini, Danny berharap masyarakat bisa berhemat dalam menggunakan air. Dia mengimbau warga tidak banyak menggunakan air untuk keperluan yang tidak begitu mendesak.

“Imbauan saya yang pertama hemat pemakaian air. Kedua jangan buang sampah di sembarang tempat, karena itu akan lari ke air juga, sumber-sumber air baku kita. Yang ketiga misalnya cuci mobil kita hemat, tidak usah cuci mobil tiap hari,” ujarnya.

BACA JUGA  Urban Billiard & Cafe hadir di Hotel Dalton Makassar

Di sisi lain, Danny mengaku sudah membahas solusi jangka pendek untuk memberikan suplai air ke masyarakat. Danny menyebut akan mengerahkan seluruh armada Pemkot Makassar yang bisa mengangkut air dan menggandeng kendaraan milik TNI-Polri.

“Kalau ada kegagalan dalam distribusi air akibat kekurangan sumber air baku maka kita harus melakukan distribusi air dengan mobil. Maka saya minta segera diregistrasi berapa mobilnya PDAM, terus ditambah berapa mobil tangkinya pemadam kebakaran. Kita akan mobilisasi semua mobil tangki di Makassar, minta bantu. Termasuk minta bantu TNI-Polri. Termasuk mobil-mobil truk kita, kita naikkan tandon,” ungkap Danny. (rj)

Comment