Beri Pemahaman Soal Sertifikat Halal, Asosiasi UMKM Balla Lompoa Gelar Pembekalan dan Bazaar

Beri Pemahaman Soal Sertifikat Halal, Asosiasi UMKM Balla Lompoa Gelar Pembekalan dan Bazaar

GOWA – Untuk memberi pemahaman dan tata cara pengurusan label halal UMKM. Asosoasi Balla Lompoa Kabupaten Gowa menggelar kegiatan bazaar dan pembekalan halal di Warung Kopi Koba, Jalan Syekh Yusuf, Katangka, Kamis (15/9/2022).

Kegiatan ini dihadiri Dinas Perikanan dan Kelautan Gowa, pelaku usaha, pengurus UMKM Balla Lompoa serta masyarakat di sekitar Gowa dan Makassar.

Dalam kegiatan itu, pengusaha juga memajang produk mereka di tempat yang disediakan panitia, seperti produk makanan ringan, cemilan, madu, minuman kemasan serta produk lain.

Pendamping UMKM dan konsultan Kemasan di Rumah Kemasan KUKM Sulsel, Muh. Yusri memberikan sosialisasi dan penjeladan terkait kemudahan dalam mengurus sertifikat halal.

Menurutnya, saat ini terbuka fasilitas dari Kementerian Agama sebanyak 320 ribu se Indonesia melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Mumpung gratis teman-teman UMKM harus memanfaatkan ini”, kata Yusril.

Apalagi, jelas Yusril, pendamping halal sangat banyak tersebar. Seperti dari Pemprov Sulsel, UIN Alauddin dan UMI.

“Dari 320 ribu kouta, masih sepertiga saja yang terpenuhi. Hal ini dikarenakan pelaku UMKM kurang mendapatkan informasi dan banyak yang belum tahu. Kita mendampingi pelaku UMKM sampai mendapat sertifikasi halal. Ada akun yang wajib dibuat oleh semua pelaku usaha dan pendamping mengajarkan pelaku UMKM untuk mengisi formulir sehingga mendapatkan serifikasi halal”, ujar Yusri.

Lebih lanjut, katanya, proses untuk mendapatkan serifikat halal bukan koutanya di BPJPH tetapi di Pemprov juga ada.

“Ada banyak kouta sehingga kita minta teman-teman memanfatkan kouta tersebut. Apalagi sertifikat ini tidak lagi berlaku dua tahun, tetapi sudah 4 tahun”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Nur Awaluddin didampingi Sekretaris Panitia, Megasari dan Bendahara St Maryam HS Ratuloly mengatakan kegiatan pembekalan halal dan bazaar ini sengaja dibuat untuk memberi pemahaman dan masukan terhadap pelaku UMKM agar segera mengurus sertifikat halalnya.

“Asosiasi UMKM Balla Lompoa merupakan wadah dan hadir memberikan pelayanan ke anggota dan UMKM lain di Gowa agar bisa mendapat sertifikat halal serta menambah wawasan dan pemahaman cara pengurusan sertifikat halal”, ujar Nur Awaluddin.

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pencerahan kepada pelaku UMKM agar bisa mengurus semua perizinan termasuk sertifikat halal. Sementara bazaar dibuat untuk memperkenalkan produk usaha UMKM di bawah naungan Asosiasi UMKM Balla Lompoa.

“Insya Allah kegiatan ini akan terus kita laksanakan, agar pelaku UMKM bisa maju dan persyaratan usaha juga lengkap”, pungkasnya. (hd)

Comment