Survei Pilgub Sulsel: Andi Sudirman Masih Teratas

Dipublikasikan December 30, 2022 7:37 PM oleh Admin

Andi Sudirman Sulaiman

MAKASSAR – Perhelatan Pilgub Sulsel tersisa setahun lebih. Survei terbaru elektabilis calon Gubernur Sulsel datang dari PT Indeks Politica Indonesia (IPI).

Adapun survei IPI ini dilakukan pada 28 November sampai 5 Desember 2022. Jumlah sampel sebanyak 1220 responden, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Ada tiga nama teratas dalam survei IPI saat ini yakni Andi Sudirman Sulaiman, Ilham Arief Sirajuddin, dan Nurdin Halid.

Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir mengatakan, di Sulsel saat ini belum ada figur yang dominan berdasarkan hasil survei terbaru mereka.

Sekelas calon petahana saja (Andi Sudirman Sulaiman-red) masih memiliki popularitas yang rendah. Apalagi bicara elektabilitas.

Survei terbaru PT IPI di ekspose Suwadi dalam diskusi “Ngorol Politik Akhir Tahun Bersama Wartawan Politik Sulsel” di Warkop 115, Makassar, pada Rabu (28/12/2022).

“Elektabilitas Andi Sudirman Sulaiman itu rendah, hanya 18,2 persen karena popularitas beliau memang masih 60 persen lebih. Karena pertama, di Pilgub kemarin kehadirannya itu instan,” ujar Suwadi dalam dalam diskusi “Ngorol Politik Akhir Tahun Bersama Wartawan Politik Sulsel” di Warkop 115, Makassar, pada Rabu (28/12/2022).

“Tidak pernah dikenal sebelumnya, tidak ada basis, namun tiba-tiba disodorkan menjadi calon wakil gubernur. Ditambah lagi pesona NA (Nurdin Abdullah, mantan gubernur.red) itu masih sangat kuat. Dan simpatisan NA itu banyak yang salah paham dan kecewa dengan gubernur saat ini,” jelasnya.

Berikut hasil survei terbaru IPI:

1. Andi Sudirman Sulaiman 18,2 persen.

2. Ilham Arief Sirajuddin 10,3 persen.

3. Nurdin Halid 10 persen.

4. Adnan Purichta Ichsan 7.1 persen.

5. Danny Pomanto dengan 6,8 persen.

Sementara itu, posisi keenam ada nama Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu.

Selanjutnya nama Ketua DPD I Golkar Sulsel sekaligus Wali Kota Parepare 2,1 persen, sisanya 36,9 persen menjawab tidak tahu, atau rahasia.

Menurut Suwadi, dirinya melihat ada dua figur Ketua Partai Besar di Sulsel yang hingga saat ini tidak kunjung bergerak, yakni Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Rusdi Masse (RMS).

“Dua figur ini belum bergerak karena menunggu hasil Pilpres 2024. Hasil pilpres nanti akan sangat menentukan kans mereka. Kalau Prabowo Subianto menang, AIA punya peluang besar maju calon gubernur. Begitupun kalau Anies Baswedan menang, langkah RMS akan lebih mudah,” kata Suwadi Idris Amir.

Suwadi mengatakan elektabilitas AIA yang masih 4,6 persen itu berpotensi naik drastis.

“Karena memang dia belum bekerja sama sekali. Saya yakin jika popularitasnya meningkat, maka otomatis elektoralnya juga akan meningkat,” pungkasnya. [ip]

Comment