by

Editorial: Isu Lingkungan dalam Kesadaran Generasi Z dan Milenial

Ilustrasi dampak pemanasan global terhadap bumi

Kesadaran soal isu lingkungan semakin mendesak. Harapan diletakkan pada generasi Z dan milenial yang menjadi pewaris sah kelangsungan ekosistem bumi

Dailymakassar.id – EDITORIAL. Beberapa waktu lalu, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) merilis laporan terbarunya terkait bagaimana kebijakan negara-negara dunia melaksanakan komitmen bersama dalam upaya pengurangan pemanasan global dan hasilnya sangat mengecewakan.

Dikatakan dalam laporan tersebut, negara-negara, khususnya negara-negara industrial sama sekali tidak memiliki komitmen kuat dalam soal tersebut. Padahal, ancaman bencana ekologis yang menghantui sebagai dampak pemanasan global sudah berada ‘di depan pintu rumah kita’.

Barangkali, memang kita tak bisa lagi mengharap banyak kepada komitmen kesadaran para pengambil kebijakan dunia yang senantiasa berada dalam mindset usang terkait kemajuan, pertumbuhan dan modernitas.

Tumpuan harapan kita saat ini ada pada generasi muda. Generasi Z dan milenial yang memang menjadi pewaris kehidupan masa depan.

Gayung bersambut. Baru-baru ini, lembaga survei Indikator mengeluarkan hasil survei terbarunya soal kesadaran isu lingkungan pada kelompok generasi Z dan mileniel.

Hasilnya sangat mencerahkan. Mayoritas generasi Z dan milenial menganggap isu lingkungan menjadi prioritas. Pergeseran kesadaran ini menjadi ‘tabung oksigen’ baru dalam upaya penyelamatan bumi tempat kita hidup.

Walau para politisi masih menilai bahwa isu lingkungan kurang ‘seksi’ dalam menjual popularitas, namun munculnya kesadaran generasi Z dan milenial terhadap isu lingkungan memiliki arti sangat penting.

Yang barangkali kita perlukan saat ini adalah upaya terorganisir, sistematis dan massif dari generasi baru kita untuk menjadi kelompok penekan yang efektif. ‘Penghukuman’ dengan tidak memilih para politisi yang abai pada isu lingkungan merupakan langkah awal yang bisa dilakukan.

Bumi adalah satu-satunya ‘rumah’ bagi masa depan generasi Z dan milenial. Mereka pantas dan layak memperjuangkan kelestariannya. (Redaksi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *