Editorial: Menyimak Pertemuan Jokowi dan Elon Musk

Jokowi dan Elon Musk

Dailymakassar.id EDITORIAL. PERTEMUAN Presiden Jokowi dengan CEO/Chief Engineer SpaceX Elon Musk di SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (14/5) menjadi sebuah peristiwa penting. Pertemuan ini banyak dimaknai sebagai bagian dari ‘jurus’ pemikat Jokowi untuk mengajak Elon Musk berinvestasi di Indonesia.

Diketahui, Elon Musk bukan hanya seorang milyarder dunia, tapi lebih dari itu, sosok yang baru saja membeli saham Twitter ini merupakan sosok ‘jenius’ dalam bisnis teknologi dan digital.

Pembacaannya terhadap arah masa depan dunia demikian brilian. Gebrakan-gebrakan bisnisnya pun menjadi acuan para investor lain. Saat ini, dia menjadi pusat perhatian dunia, baik dalam soal investasi maupun dalam membangun bisnis yang berbasis teknologi.

Pertemuannya dengan Presiden Jokowi bisa dipandang sebagai momentum yang tepat untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai sebagai salah satu ‘pemain’ tangguh dalam bidang teknologi.

Bagaimana pun, ke depan, dunia makin bergerak ke sana. Mengikut kata filsuf Prancis Foucault; saat ini, “informasi dan pengetahuan adalah kekuasaan”. Siapa yang mampu memegang kendali teknologi, informasi dan pengetahuan, maka dialah yang punya kekuasaan dalam membentuk arah dunia.

Agaknya Presiden Jokowi sangat menyadari hal tersebut. Dan kesadaran ini harus didukung penuh oleh seluruh elemen bangsa bila kita tak ingin terus terperangkap dalam stigma ‘mentalitas kuli’ atau ‘mentalitas follower’. (Redaksi)

Comment